Sejarah SIBIMA Konstruksi

Buku Informasi SIBIMA Konstruksi.pdf

Selamat datang di layanan kami SIBIMA KONSTRUKSI (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 1979 sampai dengan saat ini telah melakukan pelatihan dibidang jasa konstruksi bagi masyarakat luas, khususnya untuk para kontraktor dan konsultan. Pada tahun 1979-1983 kegiatan ini bersifat program yang bernama CDME (Construction Development In The Middle East) dan PERBINIKON (Perencanaan dan Pembinaan Industri Konstruksi). Walaupun terjadi beberapa kali reorganisasi namun Pemerintah selalu berupaya melakukan capacity building bagi masyarakat dalam hal peningkatan kompetensi bidang jasa konstruksi. Seiring dengan perkembangan jaman dan perubahan TUSI (TUGAS-FUNGSI) setiap kabinet maka terjadi pula perubahan nama organisasi yang melakukan fungsi ini. Namun, walaupun demikian fungsi capacity building berupa pelatihan bagi para kontraktor dan konsultan tetap dilakukan oleh Kementerian PUPR. Berikut adalah metamorfosis organisasi di Kementerian PUPR yang menangani capacity building bagi para kontraktor dan konsultan bidang jasa konstruksi ini, antara lain:

  1. Pada tahun 1984-1994 unit kerja ini bernama PUSBINLAT (Pusat Pembinaan dan Pelatihan) Jasa Konstruksi - Setjen, Departemen PU;
  2. Pada tahun 1994-2004 bernama PUSLATJAKONS (Pusat Pelatihan Jasa Konstruksi) - Setjen, Departemen PU;
  3. Pada tahun 2005-2014 bernama Pusbin KPK (Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi) - BPKSDM/BAPEKON (2004-2014), Kementerian PU;
  4. Seiring dengan perubahan kabinet, pada tahun 2015 Kementerian PU berubah menjadi Kementerian PUPR, Bapekon (Badan Pembinaan Konstruksi) berubah menjadi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan Pusbin KPK berubah menjadi Direktorat Bina Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi (Dit. Bina KPK). Pada struktur-organisasi yang baru ini, Direktorat Bina KPK bertugas menyusun NSPK (Norma, Standar, Pedoman, Kriteria) sedangkan pembinaan SDM konstruksi yang langsung ke masyarakat dilakukan oleh balai-balai di lingkungan Ditjen Bina Konstruksi.

Pada 2013, Kepala Pusbin-KPK (Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi) BAPEKON menginisiasi konsep e-learning bidang jasa konstruksi. Ide ini dilandasi oleh 2 hal, al: 1) Banyak masyarakat jasa konstruksi di daerah yang: belum paham bagaimana caranya membuat konstruksi yang baik, belum paham tentang peraturan terkait spesifikasi terknis, tidak memiliki akses capacity building; di sisi lain anggaran pembinaan nakerkons sangat terbatas; 2) Perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Pusbin-KPK saat itu melihat opportunity, sehingga pada tahun 2014 dicoba sistem pembelajaran pelatihan jarak jauh/distance learning (DL) keahlian bidang konstruksi.

Tujuan utama pembuatan sistem ini adalah, "Penyediaan akses sebesar-besarnya bagi masyarakat di seluruh pelosok nusantara dalam hal pembelajaran bidang jasa konstruksi".

Pada 2014 konsep e-learning mulai diperkenalkan kepada masyarakat jasa konstruksi. Saat itu sangat sedikit sekali minat dari peserta yang ingin belajar, hal ini wajar karena masyarakat belum terbiasa belajar secara mandiri. Sistem ini dimulai dari pembuatan mailing list dan group facebook untuk memudahkan dalam mengkoordinir peserta pada saat berkonsultasi mengenai bahan ajar. Dalam hal berlatih, masyarakat diberikan pendampingan selama proses pelatihan oleh instruktur dengan cara memanfaatkan group facebook dan mailing list. Pada tahap ini ujian masih dilakukan dengan tatap muka serta sertifikat pelatihan dibuat secara konvensional.

Pada 2015 Kementerian PUPR melakukan full layanan pelatihan jarak jauh/distance learning (DL) bidang konstruksi bagi masyarakat jasa konstruksi dengan alamat website pjjak.net. Pada 5 November 2016 sistem ini disempurnakan, diberi nama SIBIMA KONSTRUKSI (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi). Tanggal 07/07/2017 website pjjak.net resmi pindah alamat dan berubah menjadi sibima.pu.go.id, layanan SIBIMA menjadi semakin handal dalam hal keamanan dan kecepatan pelayanan. DL-SIBIMA merupakan sistem pembelajaran mandiri, bersifat inklusif, mudah diakses, murah, cepat dan berkualitas dengan kapasitas maksimal dan menjangkau seluruh pelosok tanah air. Tahun 2015-2018, kehadiran DL-SIBIMA telah menekan biaya pelatihan dari Rp.4,8-11,6 juta/orang menjadi Rp.150-500 ribu/orang (menghemat hingga 70%). 

Pelaksanaan DL-SIBIMA melibatkan banyak pihak, al: LPJK, perguruan tinggi, asosiasi dan pemerintah provinsi. Peserta yang lulus DL-SIBIMA akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan dengan waktu pembelajaran setara 50 jam. Manfaat utama Sertifikat Pelatihan DL-SIBIMA bagi masyarakat antara lain:

1. BAGI PEMILIK SKA (SERTIFIKAT KOMPETENSI KEAHLIAN) BIDANG KONSTRUKSI

Sertifikat DL-SIBIMA memiliki nilai 25 poin SKPK (Satuan Kredit Pengembangan Keprofesian) berguna untuk CPD (Continuing Professional Development) tenaga ahli (Perlem LPJKN no. 13/2014 jo Perlem LPJKN no. 07/2017). 

2. BAGI FRESHGRADUATES S1/D4

Sertifikat DL-SIBIMA bagi freshgraduates S1/D4 dapat digunakan untuk mengikuti uji kompetensi Ahli Muda tanpa harus magang 1 tahun. (SE Ka. LPJKN no.: 04/SE/LPJK-N/II/2015).

3. BAGI CALON SARJANA TEKNIK (S1/D4/D3)

Sertifikat DL-SIBIMA bagi calon freshgraduates S1/D4/D3 dapat digunakan sebagai masukan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

4. BAGI MASYARAKAT JASA KONSTRUKSI

KM-SIBIMA seperti perpustakaan online bidang konstruksi diperuntukan untuk seluruh masyarakat jasa konstruksi.

Layanan KM-SIBIMA telah dimulai 08/12/2016 sampai sekarang. Setelah dilakukan pengembangan dengan penambahan layanan KM-SIBIMA, ada perbedaan yang cukup signifikan dalam hal kegiatan layanan SIBIMA, antara lain:

a. Awalnya tenaga kerja konstruksi kesulitan mencari informasi mengenai teknologi konstruksi terapan namun sekarang pengunjung SIBIMA Konstruksi dapat mengakses dengan mudah dan gratis;

b. Awalnya tenaga kerja konstruksi kesulitan mencari informasi mengenai NSPK dan standar kompetensi namun sekarang pengunjung SIBIMA Konstruksi dapat mengakses dengan mudah dan gratis.

Pada awal 2017 dilakukan perkuatan kerja sama dan pengembangan SIBIMA tahap ke-2 yang difokuskan kepada knowledge management (KM-SIBIMA) yang dikemas secara menarik, menghadirkan beberapa informasi bidang konstruksi terkini, al: perkembangan teknologi terapan, NSPK baru dan beberapa hal lainnya yang dapat menambah pengetahuan masyarakat secara langsung. KM-SIBIMA menjadi pelengkap dari DL-SIBIMA. Pada tahun 2015 dan 2016, pengguna DL-SIBIMA berjumlah 1.619 dan 1.704 orang. Setelah ada KM-SIBIMA, pengguna DL-SIBIMA tahun 2017 meningkat menjadi 14.214 orang (meningkat 8,34x lipat). KM-SIBIMA secara signifikan meningkatkan animo masyarakat untuk mengikuti pelatihan DL-SIBIMA.



Selamat berlatih!

Balai Penerapan Teknologi Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi.


Terakhir diperbaharui: Tuesday, 22 May 2018, 16:33